Gratis
DESKRIPSI LAYANAN | Kegiatan magang ini bertujuan untuk melakukan analisis menyeluruh terhadap risiko keselamatan pada sistem angkutan perairan di wilayah sungai dan danau di Indonesia. Mahasiswa akan mengkaji berbagai faktor risiko, termasuk kondisi cuaca dan lingkungan,…
- Pusat Riset Teknologi Hidrodinamika
- KST Serpong (Bacharuddin Jusuf Habibie)
Kegiatan magang ini bertujuan untuk melakukan analisis menyeluruh terhadap risiko keselamatan pada sistem angkutan perairan di wilayah sungai dan danau di Indonesia. Mahasiswa akan mengkaji berbagai faktor risiko, termasuk kondisi cuaca dan lingkungan, desain kapal, perilaku pengemudi/operator, serta infrastruktur dermaga dan pelabuhan kecil. Penekanan diberikan pada metode identifikasi potensi bahaya (hazard identification), penilaian risiko (risk assessment), serta usulan mitigasi berbasis pendekatan teknik dan manajemen keselamatan. Hasil kegiatan diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembangan pedoman keselamatan, pengawasan transportasi air pedalaman, serta rekomendasi teknis dan kebijakan berbasis data lapangan.
Kompetensi yang Dikembangkan:
Syarat Pengajuan:
Kompetensi yang Dikembangkan:
- Pemahaman sistem keselamatan transportasi air pedalaman (sungai dan danau)
- Penerapan metode identifikasi dan evaluasi risiko (FMEA, HAZOP, Risk Matrix)
- Teknik pengumpulan data lapangan dan observasi operasional transportasi
- Pengembangan rekomendasi teknis dan kebijakan berbasis analisis keselamatan
- Keterampilan dokumentasi risiko dan pelaporan hasil kajian profesional
- Kolaborasi lintas disiplin dan komunikasi dengan stakeholder lokal (pemerintah daerah, operator, masyarakat)
- Mahasiswa S1 tingkat akhir dari program studi Teknik Sipil, Teknik Transportasi, Teknik Kelautan, Teknik Perkapalan, Teknik Keselamatan, Geografi, atau Perencanaan Wilayah
- Telah menempuh mata kuliah Transportasi Air, Analisis Risiko Teknik, atau Manajemen Infrastruktur
- Bersedia melakukan survei lapangan (jika diperlukan) dan bekerja dalam tim multidisiplin
- Mampu menyusun laporan teknis dan komunikasi formal
- Diutamakan memiliki minat pada keselamatan publik dan perhubungan perairan
- Durasi: 6 bulan (1 semester penuh)
- Format: Proyek berbasis riset terapan dan kerja lapangan (jika memungkinkan), dengan pendampingan dari pembimbing teknis dan mitra lembaga/institusi
- Laporan akhir analisis risiko keselamatan angkutan sungai/danau di wilayah studi terpilih
- Matriks risiko dan peta klasifikasi tingkat risiko operasional
- Rekomendasi teknis dan/atau kebijakan peningkatan keselamatan berbasis data
- Poster ilmiah atau presentasi seminar hasil magang
- (Opsional) Draft artikel ilmiah atau laporan kebijakan untuk publikasi internal atau eksternal
Syarat Pengajuan:
- File Data Foto
- File Data Transkrip
- Surat Pengantar
- Daftar Riwayat Hidup
- Surat Pernyataan
- File Dukung Lainnya
- File Proposal